Sabtu, 04 Mei 2013

When The World Lets Me Down, I Paint A Smile On


                Namaku Tasya, aku masih kelas 1 SMA. Aku suka pelajaran IPA. Bahkan sangat suka. Aku pengin kelas 2 nanti aku masuk jurusan IPA. Aku suka tertawa dan tersenyum dengan teman-teman baikku. Teman baruku di SMA ini tentunya. Aku sayang mereka. Aku suka berteman dengan mereka. Tapi di
samping itu aku sebenarnya pemalu, pemalu ketika aku di hadapkan dengan orang yang kusukai. Menurutku wajar, karena aku perempuan. Rasanya tidak aneh bagiku jika aku mempunyai rasa malu. Benarkah begitu? Aku.. aku sedang menyukai kakak kelasku. Kakak kelas yang kelihatan baik dan aku rasa dia cukup pintar, tapi aku selalu takut kalo berpapasan dengannya. Aku gak tau mau apa, kayak mematung gitu deh tiba-tiba.


***

Pagi itu sangat cerah. Hari kamis. Katanya kami pulang cepat aku dan teman-temanku pergi bersama-sama. Ada satu teman ku yang ntah kemana pergi. Memang dia jarang ikut bersama kami ke kantin. Tapi dia dimana ya?? Aku penasaran. Biasanya dia di kelas aja tuh atau ke kamar mandi. Tapi ini kok gak kelihatan ya? Pikirku dalam hati. Hm.. ya udah deh, ngapain terlalu kepo sama orang siapa tau dia sibuk.

Ternyata benar, kami nggak belajar seharian di sekolah, gak biasanya. Kata katanya sih bakal pulang cepet juga. Bagus deh. Biar bisa istirahat. Habis aku capek hahaha :D agak licik deh aku. Yaa ntah kenapa hari ini aku gak semangat belajar ke sekolah. Padahal hari ini ada pelajaran IPA. Harusnya aku senang. Tapi kenapa malah bersungut-sungut ya? Aku juga bingung hari ini aku kenapa. Bang Daniel, dia lewat dari depan kelasku, memang agak jauh, tapi liat dari jauh aja udah syukur lah yaaa. Tapi tetep aja Hanny dan Tya, yang ntah kenapa selalu aja manggil-manggil dan bawa namaku. Kadang agak kesel tapi biarin aja deh. Karna ini yaa gak terlalu parah lah ya.

Krinnnggg…

Bel pulang sekolah bunyi, emang lebih awal. Biasanya pulang jam 2, nah ini? Pulang jam 12.30 gak biasanya hari kamis pulang cepet.

“Ehh kita lewat parkir aja ya” kata Vivi sebangku ku.

“Gak usah deh, lewat depan aja” sambung Mira.

Kok tumben Mira mau pulang sama, aku bingung.

Yaa, aku sama yang lain mau cepet jadi lewat nya dari depan aja, ngapain muter dari parkiran ribet yaaa ribet. Jadi mending langsung aja. Tapi ntah kenapa Vivi ribut soal surat di sepeda motor, surat di motor, dan motor. Aku bingung. Apa ini ada hubungannya samaku? Atau jangan jangan.. aku bingung. Semoga tidak.
Sampe di rumah aku tetap aja penasaran kenapa ya Vivi ribut dan ngebet banget pulang dari parkiran. Kenapa sih? Kok aku bingung penasaran gini ya. Biasanya kan kalo ada apa-apa aku pasti tau. Lah ini? Boro-boro tau, nanya aja gak ada yang kasih tau. Mereka nyembunyiin apasih dariku? Penasaran tingkat dewa deh.. nyari tau besok? Gak bisa! Besok aku gak sekolah, aku sibuk muahahahaha..


***

Sabtu pagi, sabtu yang biasa aja buatku. Aku sih gak terlalu wah kalo ketemu sabtu ya, bagiku sama aja kayak hari lain. Kenapa? Karena gak libur lah (jiwa pemalas) aku datang ke sekolah kayak biasa, menabur senyum di setiap lorong sekolah yang kulewati (ciee) ntah kenapa, aku suka senyum pagi-pagi. Kalo pagi aja udah kusut, gimana mau semangat belajar yeeekan? :D sampai di kelas aku di sapa temen-temenku yang lagi sibuk ngerjain PR yang belum siap. Aku belum juga, tapi sedikit lagi sih hehehe.. tiba-tiba Vivi ngomong sesuatu yang bikin ku super kaget.

“Surat lo udah nyampe ke Bang Daniel” kata Vivi

“Loh surat apa? Gue gak pernah deh kayaknya ngasih surat ke dia.

“Ada deh pokoknya”

Nampak dari jauh Mira senyum-senyum dan ketawa kayak puas banget hidupnya. Loh.. kenapa sih? Aku gak ngerti apa-apa mereka ngomong apa. Surat apa juga, aku nggak tau aku nggak ngerti. Ini kenapa sih. Kok baru sehari aja gak sekolah udah bingung kayak gini-_-

Kriiiiiing..

Diskusi Sosiologi. Namanya juga sosiologi, wajar kalo ada diskusi kelompok. Aku sekelompok sama Tya, Andre, Della, Icha, Ani, dan yang lainnya. Tentang kasus bunuh diri yang ada di buku sosiologi. Pas diskusi kelompok udah selesai, ntah kenapa tiba-tiba Andre ngomong sesuatu yang bikin super kaget aku.

“Sya, lo naksir sama bang Daniel ya?”

Aku kaget.

“Ahh. Daniel mana, Ndre?”

“Itu anak kelas 11 IPS..” katanya

“Aahh! Becanda lo Ndre!”

“Enggak.. Aku serius nanya. Soalnya kamis kemaren pas pulang sekolah. Kan gue ke parkiran mau ngambil motor gue, nah gue baca ada tulisan kayak gini. ‘Bang Daniel, aku udah lama suka sama mu! Tasya – X1’ lah.. gue niat cabut tapi takut. Banyak yang liat loh, gak cuma gue doang, kelas tetangga, kelas 11 banyak deh pokoknya” kata Andre.

Ya Tuhan. Kenapa ini? Siapa yang tega mempermalukan aku kayak gini? Aku menangis. Akhirnya Tya, Vivi, Hanny, dan Nolla menjelaskan semuanya padaku.

Cerita yang sebenarnya..

“Kamis kemaren, kita jajan ke kantin. Nah disana Mira pergi sama Nolla. Mira maksa Nolla buat nemenin dia nempel kertas yang lo udah tau isinya tadi, kan udah di kasih tau sama Andre tadi. Nah. Pas itulah Mira maksa Nolla buat nemenin dia nempelin surat kecil itu. Sebenarnya kita udah ngelarang, kita gak tega sama lo, Sya. Kemaren emang kita rencana buat gitu, tapi cuma becanda dan nakutin lo doang, kita gak niat buat beneran ngelakuin itu ke lo.” kata Tya.

Aku hanya diam. Vivi nyambung.

“Itu kenapa gue ngebet banget ngajak lo lewar parkiran, Sya. Supaya lo ngeliat dan nyabut surat kecil itu! Eh.. tapi lo nya gak mau, jadi gini deh akhirnya” kata Vivi

Aku menangis saat itu juga.

Aku gak tau aku mau buat apa, aku gak ngerti aku salah apa sampe-sampe aku dipermalukan habis-habisan kayak gini. Kalo aku tau kejadian itu, aku langsung nyabut kertas itu hari itu juga. Aku nggak ngerti kenapa ya, ada orang yang tega mempermalukan aku di saat-saat seperti ini. Aku nggak ngerti. Aku bingung. Aku nggak tau mau ngapain, semuanya udah terlanjur, udah telat, seolah-olah aku jadi perempuan yang paliiiiing rendah di dunia ini, aku belum pernah dipermalukan seperti ini. Dan aku tau, saat-saat seperti ini, tugasku hanya memaafkan, bukan membalasnya. Itu bukan bagianku. Mama bilang padaku, belum tentu apa yang kita buat baik, akan dibalas dengan kebaikan juga. Cukup membuat hatiku tenang.

Dan aku pun mengerti aku harus pandai memilih mana yang baik dan mana yang tidak, aku harus bijak dalam bertindak dan berkata-kata. Aku mengerti. Aku tau. Bukan berarti jika ada orang yang menjahati aku, aku jadi menjahati nya balik. Balas dendam bukan tujuanku sekolah, tujuanku sekolah belajar dan berusaha menjadi orang yang berguna untuk semua orang.

Mungkin aku memang terlalu mudah untuk ditipu, dibohongi, dan dibodoh-bodohi. Tapi aku tau orang yang melakukan itu padaku, jauh lebih parah daripada aku. Dan setidaknya aku bukan dia, aku gak akan melakukan hal yang sama kepadanya. Buat apa aku membuang waktu ku hanya untuk balas dendam sama orang lain. Lebih baik aku belajar, dan belajar. Aku gak peduli, apa penilaian orang lain yang membaca surat kecil itu. Aku tak peduli karena itu bukan aku yang buat. Aku gak peduli sama omongan orang lain, tentang diriku, dan surat itu. Bukan aku yang menulis dan bukan aku yang menempel. Memangnya aku peduli sama hinaan orang padaku? Yang penting aku tidak seperti itu jadi, aku tak perlu takut dan malu. Dan ingat lah, kalau aku punya pilihan saat itu, aku tak mungkin memilih mempermalukan diriku sendiri, kalau aku tau dari awal, semua gak akan seperti ini.

Ketika dunia menjatuhkanku. Aku bisa apa? Aku hanya bisa memaafkan dan tetap tersenyum.
-END-

Maaf jika ada kesamaan nama, ini cuma cerita kok :)
Sekian yaa! Salam imut :))))

2 komentar teman-teman :):

Halo!
Terimakasih sudah mau membaca blog saya. Semoga Anda suka :) Oh iya kalau mau kasih komentar, kasih komentar yang baik dan membangun ya. Supaya komennya enak dibaca :) Hahaha makasih

 

Anggi Doloksaribu Template by Ipietoon Cute Blog Design