Rabu, 15 Mei 2013

First Love



             Sheila Gabriela, nama indah yang diberikan kedua orangtua ku saat aku dilahirkan. Ya, nama itu begitu indah bagiku. Sebuah nama yang diikuti dengan nama yang begitu indah. Sebenarnya, kata Mama Gabriela diambil dari nama seorang malaikat yang bernama Gabriel, tapi kata Papa, ditambahin huruf ‘a’
gara-gara aku perempuan. Saat aku diberi nama itu, orangtuaku berharap aku bisa jadi anak baik. Selain itu, aku sekarang berumur 16 tahun, tahun ini juga umurku 17 tahun. Kata orang, sweet17 itu penting, itulah sebabnya aku punya 1 impian yang bisa kudapatkan di umurku yang ke 17 ini, dan tebak, 2 bulan lagi aku ulang tahun.

***

                Pagi yang cerah untuk memulai awal yang baru. Pagi yang indah untuk melukis senyum yang baru dan indah. Aku berjalan melewati kelas-kelas di sekolah, di setiap aku melangkah aku menebar senyum kepada setiap orang yang kulewati. Ya, aku memang terkesan kurang kerjaan. Kadang, Mia sahabatku bertanya-tanya kenapa aku selalu tersenyum.
                “Pagiiii Miaa!” sapaku.
                Mia hanya membalasnya dengan sebuah senyuman kecil yang sudah cukup merubah hari itu menjadi lebih. Aku memang berbeda dari mereka. Tiap pagi, mereka menyapa pacar-pacarnya. Namun, aku hanya menyapa sahabatku. Ntah kenapa orang-orang di sekolah sudah rata-rata memiliki pacar, menurut mereka itu adalah tujuan utama ke sekolah. Tanpa mereka sadari, sebenarnya sekolah adalah tempat belajar, bukan ajang buat nyari pacar. Itulah kenapa terkadang mereka bilang aku munak! Memangnya aku peduli?
                “Sela! PR Kimia lo udah siap ya?” Tanya Mia padaku setelah dia tersenyum.
                “Udah dong, Mi! Mau minjem lo?” tanyaku. Sebenarnya aku udah tau dia bakal minjam pr ku. Tapi aku hanya pura-pura gaktau aja. Biarin aja ngelama-lamain.
                “Iyaa ah lo pura-pura gaktau Sel! Pinjemin gueee dong, emang ya otak lo itu encer banget kalo udah masalah ngerjain soal” katanya gombal.
                “Gombal lo! Ya elo sih pacaran mulu sama Rangga. Jadi gak sempet kan belajar” aku ngeledek sambil ketawa liat ekspresi manyun Mia. Karena kasian, aku kasih aja prnya. Kan Mia kasian kalo gak selesai. “Nihh Mi” kataku sambil menyodorkan buku latihanku.
                “Makasihhh yaaa. Elo deh emang sahabat gue paling baik” katanya sambil mencubit pipiku.
                Baik sih baik, tapi gak usah pake nyubit pipi gue bisa kali ya, Mi. Sakit tauu. Kataku dalam hati.

***

                Mia datang ke rumah. Aneh gak biasanya dia datang tanpa bilang-bilang dulu. Mia.. mia.. kadang susah ditebak, tapi kadang gampang ketebak. Udah gitu muka nya ceria selangit lagi.
                “Selaaa!!!!” teriaknya sambil masuk kamarku. Untung saja Mama dan Papa sedang pergi. Di rumah hanya ada aku dan Mbak Ela ditambah Mia. Tapi aku yakin, suaranya yang cetar itu sudah membangunkan Angel, bayi tetangga sebelah.
                “Miaaa kenapa sih kok ceria banget? Eh tapi suaranya selo aja deh kali ya, kasian bayi tetangga gue” kataku sambil meledeknya. Dia tak tersinggung sama sekali.
                “aduuh udah deh. Gue tau kok lo jones, dan 2 bulan lagi lo sweet17” katanya lagi.
                “Jones?” kataku pelan.. aku gak ngerti kenapa ni anak bilang aku jones. Iyaa tau deh yang punya Rangga. Tapi gak usah gitu banget kenapasih. Gue single tauuu.
                “Hehehe.. giniiii, jadi, Rangga punya temen dan mulai besok sekolah di tempat kita. Jadi, gue niat.. ah lo tau deh!” katanya.
                “Miaaaaaaaaaa!!!! Se nes nes nya gue, gak gitu banget deh lo ke gue”
                “Yahhh sel, gakpapa dong. Siapa tau cocok!” katanya sambil tersenyum lebar.
                “Ihhh apaan sih”
                “Gakpapa lah, Sel. Gue udah ketemu. Orangnya cakep, baik, pinter, ramah, tipe lo banget deh. Gue udah ketemu sama dia. Dan yang lebih keren lagi, ulang tahun kalian sama, Sel. Bayangin candle light diner berdua ngerayain ulang tahun. Wow! Bayangin sel bayangin!” katanya dengan semangat.
                Aku jitak kepala Mia, “Miaaa!!! Gak gitu juga deh kayaknyaaa” kataku. Apapun alasannya aku kurang suka kalo udah kayak gini ceritanya. Miaa. Mia.

***

                Seharian aku nggak ada keluar kelas, meskipun Mia sudah memaksaku keluar demi menemui Rangga dan murid baru yang diceritakannya semalam. Oh aku tertarik sama sekali. Andai dia tau rasa itu bukanlah hal yang bisa dipaksakan. Dia datang dengan sendirinya, aku yakin itu.
                Aku gak  pulang sama Mia, dia mau jalan dengan Rangga. Mama dan Papa masih tidak di sini. Sedangkan Pak Mul, supir Papa sedang cuti. Gak mungkin Mbak Ela yang jemput aku ke sekolah. Tapi sayangnya hujan. Gak mungkin aku nunggu angkot ataupun taxi di gerbang sekolah hujan-hujan. Aku memutuskan untuk duduk di kursi sekolah dekat gerbang sampai hujan agak reda.
                Tiba-tiba ada seseorang yang menghampiriku..
                “Halo.. lagi apa?” katanya ramah.
                “Lagi nunggu hujan reda” jawabku singkat.
                “Oh. Emang kamu gak dijemput?” tanyanya lagi.
                “Enggak.” Jawabku makin singkat.
                “Ehh kenalin, namaku Sam Gabriel. Panggil aja aku Geb. Kamu?” katanya sambil menyodorkan tangannya.
                “Namaku Sheila Gabriela. Biasanya aku dipanggil Sela, atau Geby” jawabku sambil membalas salamnya, dan sedikit senyum untuk mengubah percakapan dingin tadi.
                “Aku murid baru, temennya Rangga. Kamu kenal Rangga? Eh nama kita mirip ya hehehe” katanya.
                Aku kaget. Apa? Rangga? Jangan-jangan dia yang diceritakan Mia padaku. Ahh.. apa ini bagian dari rencana mereka atau jangan-jangan.. soal nama yang mirip. Ini apa? “Akuu kenal Rangga kok, dia pacarnya Mia sahabatku. Hehehe iya mirip”
                “Ohh.. berarti kamu yang ditunjukkin fotonya sama mereka semalam. Katanya ulang tahun sama nama kita mirip dan bahkan sama. Katanya kamu pinter ya? Baik, ramah lagi.” Jelasnya padaku.
                “Ehh iyaa, Mia juga bilang gitu tentang kamu sama aku.” Jawabku.
                Suasana hening. Hanya suara hujan yang terdengar. Ohh.. sudah jam 3, aku lapar. Hujan? Belum reda juga. Aku bingung mau ngomong apa sama dia. Kami baru kenal dan gak tau deh bilangnya gimana.
                “Kamu mau pulang? Ini aku punya payung. Aku naik mobil kok, tapi kalo kamu gak keberatan aku anter pulang” katanya sambil menyodorkan payung, seolah dia tau apa yang kupikirkan.
                “Ehh iya iya, aku pinjem payung kamu aja. Makasih ya. Aku pulang dulu. Bye” kataku.
                Aku meninggalkannya begitu saja. Sebenarnya aku nyambung dan nyaman pas ada dekatnya. Tapi di sisi lain, aku malu dan takut ketika aku menjawab apa yang dikatakannya, dan aku takut untuk melihat matanya ketika aku menjawab pertanyaan darinya. Apa ini? Mungkinkah ini yang sering dirasakan Mia pas dia baru pdkt sama Rangga? Tapi kan ini bukan pdkt.
                Sesampainya di rumah, aku nanya Mia soal “Kenapa lo deg-degan pas ada orang yang ngobrol sama lo. Dan pas itu lo takut liat matanya. Itu namanya apaan ya, Mi?”
                Gak berapa lama Mia ngebalas, emang si maniak hape ini, gak mungkin ngelepas BB nya dari tangannya. Gak sampe 1 menit, bbm dari Mia masuk. Emang bener nih maniak hape. “itu sih tandanya lo suka sama dia. Siapa sih?” balasnya.
                Ohh. Aku hanya nge-read balasannya. Aku gak mau bales. Takuttt. Tapi gak berapa lama ada yang nge-add aku, yaudah aku accept aja. Dan ternyata dia Sam Gabriel. Nama yang bagus dan orang yang ganteng.
*** 

                Beberapa hari setelah perjumpaan dengan Geb, aku dengannya jadi akrab, kami sering jalan bareng, ketawa-ketawa, kadang aku nemenin dia main futsal sama Rangga. Dan dia sering ngantarin aku pulang ke rumah. Dia udah kenal sama Mama dan Papa. Kata Mama dia anak baik. Kelihatan dari mukanya. Bahkan Mia pun agak kaget, kenapa aku bisa tiba-tiba mau deket sama cowo, padahal dia tau, kalau aku agak tertutup dan agak gak suka kalo diajak jalan sama cowo. Tapi aku ngerasa beda pas aku deket sama Geb. Dia baik, kami nyambung.
                Tanpa disadari, hari ini adalah hari ulang tahunku dan ulang tahun Sam Gabriel. Belum ada rencana tentang apapun. Mama bilang ngerayainnya tunggu Papa pulang tugas dari Jakarta. Dan berarti hari ini jadwalku kosong.
                Ntah kenapa Rangga dan Mia mendadak jauh dari kami berdua, begitupun teman sekelasku yang lain. Semuanya terasa berbeda hari ini. Semua menjauh dan coba tebak? Gak ada yang ngucapin happy birthday ke aku, kecuali Papa, Mama, Pak Mul, Mbak Ela, dan Gabriel. Kemana mia? Apa dia lupa sama ulang tahunku? Aku khawatir dia gak mau jadi sahabatku lagi.
                “Kenapa murung, Sel? Ini kan hari kamu” kata Gabriel saat aku baru saja keluar kelas, mau pulang.
                “Aku sedih Geb, hari ini Mia gak ada cakapin aku, selain pas bilang kalo Bu Ani menyuruhku ke kantor untuk menyerahkan daftar absen” kataku.
                “Jangan sedih dong, Rangga juga gitu kok, Sel. Nasib kita sama kok, kan aku masih ada” katanya menenangkan.
                Aku masih ada. Memang itu kata-kata yang indah. Tapi sungguh sakit ketika sahabat baikmu, dan orang di sekitarmu melupakanmu dan mendiamimu tanpa alasan yang benar-benar jelas.
                “Iyaa sih..”
                Plokkk.. Tiba-tiba ada telur yang jatuh di kepalaku, bukan cuma aku, Gabriel juga. Miaa! Rangga dan yang lainnya yang melempari kami. Bukan hanya itu, tapi ada juga tepung yang dilemparkan ke kami. Aduuuh.. bau tau..
                “Geb, Geby, maafin kami semua yaaa ngejahilin kalian. Habis kalian couple paling sweet sih. Jadinya kan kita pengen ngerjain.. Hehehe. Maafin kitaa semua ya.. By the way, happy birthday ya kalian berduaaaa”
                “Iyaa.. Geb, nihh udah saatnya lo nyatain” kata Rangga sambil memberikan sebuah kotak ke Gabriel. Kotak yang agak kecil dan manis. Bungkusnya coklat dan dibungkus dengan pita merah jambu. Sangat manis.
                “Nihhh Geby, buat kamu. Buka sekarang..” kata nya sambil memberiku kotak itu.
                Aku membukanya dan melihat ada kalung dan sebuah surat didalamnya.

Happy Birthday Gabriela.

It’s your day, selamat sweet17.

Aku suka kamu. Jadi pacarku mau?

Kalo mau pake kalungnya ya

-Gabriel-

                Aku tersenyum. Antara kaget, shock, gaknyangka, dan yang lain deh. Gabriel pun begitu. Aku tersenyum padanya, lalu kuambil kalung itu, dan kupakaikan di leherku. Jujur aku memang suka padanya sejak awal kami bertemu saat hujan di sekolah. Dan aku benar-benar bahagia, selain impianku di sweet17 punya pacar, yang kalau bisa nama dan tanggalnya sama denganku. Dan akhirnya, inilah pacar pertamaku, dan cinta pertamaku.
                “Makasih ya, Geby! Aku sayang Geby!” katanya tersenyum.
                “Aku juga Geb” 

-END-

0 komentar teman-teman :):

Posting Komentar

Halo!
Terimakasih sudah mau membaca blog saya. Semoga Anda suka :) Oh iya kalau mau kasih komentar, kasih komentar yang baik dan membangun ya. Supaya komennya enak dibaca :) Hahaha makasih

 

Anggi Doloksaribu Template by Ipietoon Cute Blog Design